Jikoshoukai perkenalan diri (Bahasa Jepang)


Hajimemashite = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desu, = Saya (nama saya) adalah .....
Douzo yoroshiku = Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)

Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.
  1. Memulai perkenalan diri. Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dlm bhs Inggris).
    • Hajimemashite
  2. Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.
    • Watashi wa … desu  = Saya (nama saya) adalah …
    • Watashi no namae wa … desu  = Nama saya adalah …
    • Namae wa … desu  = Nama (saya) adalah …
    • Watashi wa … to moushimasu  = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.
  3. Mohon bombingannya.
    • Yoroshiku
    • Douzo yoroshiku
    • Douzo yoroshiku onegai shimasu <– paling sopan.
Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :
Watashi wa Indoneshia no Andi desu = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.
Watashi wa Indoneshia jin desu = Saya orang Indonesia.
Watashi wa Indoneshia kara kimashita = Saya datang dari Indonesia.
Watashi wa sensei desu = Saya adalah guru.
Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :
Kochira koso yoroshiku onegai shimasu = Saya juga mohon bimbingan Anda.

Contoh Percakapan :
Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.
Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.
Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Jepang Gaul di Internet

♣Aisatsu♣ (Ucapan Slam dalam Bahasa Jepang)