Aneka Jenis Kue Sebagai Wisata Kuliner Khas Kota Jambi

1. Kue Padamaran

 
sumber gambar : sajiansedap
Padamaran merupakan salah satu kue tradisional khas kota Jambi yang terbuat dari tepung beras. Pembutannya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan tepung beras, santan dan air daun suji lalu dicetak dalam takir daun pandan. Makanan khas wisata kuliner Jambi ini sangat manis, lembut dan lebih terasa lengkap dengan aroma harum dari daun pandan.

2. Kue Burgo

 
sumber gambar : myopera
Wisata kuliner Jambi jenis kue yang kedua adalah Burgo. Kuliner ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu tani. Bentuk kue jajanan Jambi ini cukup menarik, seperti dadar gulung. Kuliner Jambi ini bertekstur kenyal dan gurih. Untuk menyajikannya, potong adonan menjadi beberapa bagian lalu siram dengan kuah santan dan bawang goreng. Kuah santan ini terbuat dari kaldu ikan dan udang.

3. Kue Gandus

 
sumber gambar : eljohnnews
Sama seperti kue Burgo, kuliner khas Jambi ini kenyal dan gurih. Kue Gandus terbuat dari tepung beras, santan dan sagu. Cara pembuatan kue ini dengan mencampurkan adonan tepung dengan bumbu bawang putih dan cabe lalu disetak bulat. Untuk menambah rasa yang lezat, kuliner ini ditaburi ebi, ayam, daging giling dan abon ikan sebagai pelengkap.

4. Kue Srikaya

 
sumber gambar : mentarigroups
Untuk kuliner kue satu ini bukan adonan tepung yang menjadi bahan dasarnya, melainkan tape. Kuliner kue Srikaya dibuat dengan mencampurkan adonan tape dengan santan lalu diberi pewarna dan pengharum dauh pandan. Sebagai tambahan untuk penyedap rasa tambahkan gula dan rempah-rempah. Adonan Kue Srikaya diletakkan ke dalam mangkuk yang dibuat dari daun pisang lalu dikukus hingga matang.

5. Dodol Kentang Kerinci

 
sumber gambar : jambitourism
Tahukan Anda, kuliner Jambi terakhir ini menjadi kuliner idola para wisatawan yang datang ke Jambi. Cemilan ini biasa dibeli sebagai oleh-oleh khas Jambi. Kuliner ini terbuat dari kentang yang berasal dari kawasan Pegunungan Kerinci dan berkualitas baik. Rasanya sangat manis dan gurih. Kuliner ini tersedia dalam beberapa rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera yaitu, rasa pandan, durian, gula aren, nanas dan strawberry.
Be Sociable, Share!
Source : rajakamar.com

Komentar

  1. nambah wawasan tentang jambi... saya juga dari jambi loh...
    mampir ke blog istika ya... :D
    http://istikastks2010.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Waaah, salam kenal kawan,..
    Terimakasih atas kedatangannya, insya Allah nanti saya mampir ke blogmu, salam anak jambi :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tuh dbwa k jogja dodolnya..
      nti tukeran mknn khas..
      hehe

      Hapus
  3. http://goo.gl/sXB0X2
    Arikelnya sangat membantu. Terimakasih ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Jepang Gaul di Internet

Jikoshoukai perkenalan diri (Bahasa Jepang)

♣Aisatsu♣ (Ucapan Slam dalam Bahasa Jepang)