Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga Terima Sertifikasi dan K A N

Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga mendapatkan Sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional (K A N) sebagai Laboratorium Penguji dengan nomor LP-635-IDN.  Penyerahan Sertifikasi Akreditasi berbasis SNI ISO/IEC 17025:2008 dilakukan oleh Sekjen  K A N, Drs. Suprapto, MPS kepada Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie, di Gedung Pusat Administrasi Universitas (PAU)  Kampus setempat, Kamis, 1 November 2012.
Menurut Direktur Laboratorium terpadu, Dr. Muhammad Ja’far Luthfi, M.Si., dalam laporannya sebelum penyerahan menyampaikan,  perjuangan untuk mendapatkan sertifikasi ini sudah dirintis selama 3 tahun, sejak Laboratorium UIN Sunan Kalijaga dipimpin oleh Arya Wirabhuan, ST., M. Sc.  Keberhasilan mendapatkan akreditasi ini juga tidak terlepas dari hasil studi banding dengan  laboratorium Perguruan Tinggi di Jogja  yang sudah mendapatkan akreditasi yakni: Laboratorium Fakultas Geografi UGM dan Laboratorium UII. Sementara 4 lingkup Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga yang mendapatkan akreditasi dari K A N, yakni, pengujian sekuensing DNA, viskositas cat emulsi tembok, kebisingan lingkungan kerja dan penerangan lingkungan kerja, luas permukaan serbuk material-Surface Area Analyzer (SAA).  Dengan akreditasi ini, selain bermanfaat bagi validitas hasil-hasil pengujian, akan sangat bermanfaat juga bagi pengembangan pendidikan dan pembelajaran, memperkokoh hasil-hasil  riset civitas akademika  UIN Sunan Kalijaga.
                Selama ini, Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga telah melakukan pelayanan uji lab dari berbagai institusi lain : Balai Besar Siset Perikanan dan Budidaya Laut Gondol-Bali, UGM, Universitas Admajaya, UNDIP dan lain-lain. Sementara pengguna jasa analisis alat SAA antara lain: UI, UGM, UNY,UNDIP,UNRI,UNLAM, UNTAN, UNESA, UNTIRTA, UMS, UII, Batan Serpong, Balai Riset dan Standardisasi Industri Pontianak dan lain-lain, demikian jelas Muhammad Ja’far Luthfi.
                Sementara itu, Dekan Fakultas Saintek, Prof. Dr.n H. Akh. Minhaji, Ph.D., mengatakan, sertifikasi ini adalah yang pertama  diberikan kapada pengelola laboratorium universitas di bawah Kemenag. Pihaknya berharap, dengan diterimanya akeditasi ini, akan lebih memotivasi civitas UIN Sunan Kalijaga untuk berkarya , melakukan hal-hal yang bermakna bagi manusia dan kemanusiaan melalui uji lab. dan memberikan nilai tambah bagi proses pembelajaran di UIN Suna Kalijaga.
                Rektor UIN Sunan Kalijaga menambahkan, dengan didapatnya akreditasi Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga berarti, bertambah lagi kekayaan akademik yang dimiliki UIN Sunan Kalijaga yang tak dimiliki kampus lain. Karena UIN Sunan Kalijaga juga memiliki  perpustakaan dengan pelayanan berbasis Elektronik Library Information System (Elims) dan Center for Neuroscience Health and Spirituality  (C-NET)dengan alat lay detectornya yang bisa untuk mengukur tingkat spiritualitas seseorang serta bisa mendeteksi kebohongan. Saat ini UIN Sunan kalijaga juga sedang merancang komputerisasi di C-NET. Nantinya, kata Musa Asy’ari, jika bisa melakukan pendekatan kepada para pengambil kebijakan, alat alat akademik yang dimiliki UIN Sunan Kalijaga ini,  bila pola kerjanya bisa dipadukan dengan baik, akan bisa dimanfaatkan secara optimal untuk masyarakat luas sebagai tempat rujukan, misalnya untuk alat uji kahalalan  di laboratorium terpadu,  alat uji kebohongan atau mengukur tingkat spiritualitas seseorang di C-NET dan lain-lain. (Weni Hidayati-Humas UIN Sunan Kalijaga)
( Humas ) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Jepang Gaul di Internet

Jikoshoukai perkenalan diri (Bahasa Jepang)

♣Aisatsu♣ (Ucapan Slam dalam Bahasa Jepang)